PTPN V memiliki lima pembangkit tenaga biogas

PTPN V Inisiasi Roadmap Pengembangan Dekarbonisasi

Di Baca : 868 Kali
Dirut Holding Perkebunan Nusantara III Persero, Mohammad Abdul Ghani bersama Direktur PTPN V, Jatmiko Santosa saat meninjau salah satu instalasi pembangkit tenaga biogas (PTBG) di unit PTPN V, Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Riau beberapa waktu lalu. Holding

“Sejalan dengan grand strategy perusahaan untuk menghasilkan produk ‘sustainable plus palm oil’ yang mulai diimplementasikan sejak 2019, upaya dekarbonisasi menjadi salah satu program yang terus kita akselerasi,” katanya.

Hingga kini, tercatat lima dari 12 pabrik kelapa sawit (PKS) PTPN V telah memiliki pembangkit biogas. Sementara satu instalasi PTBg lainnya tengah dalam tahap pembangunan dan diproyeksikan rampung triwulan pertama 2023 mendatang. 

Perusahaan negara yang memproduksi crude palm oil, palm kernel oil, dan palm kernel meal itu mulai membangun pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) pertama di unit kebun PKS Tandun, Rokan Hulu, Provinsi Riau. 

Pembangkit pertama di PTPN Grup tersebut mengkonversi limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME) menjadi listrik berkapasitas 1,6 MW. 

Selanjutnya pembangkit kedua ada di PKS Terantam berkapasitas 0,7 MW hasil kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang saat ini berada di bawah BRIN. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar