RI Ikut Jauhi AS dan Merapat ke Tiongkok-Rusia

Sejumlah Negara Asean Mulai Tinggalkan Dollar AS

Di Baca : 1803 Kali
Bendera negara Asean. (tsi)
 

Secara khusus, lima negara Asean, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina telah meneken kerjasama transaksi pembayaran lintas batas sejak November 2022, di saat pelaksanaan KTT G20 Indonesia. Kerja sama pembayaran lintas batas 5 negara Asean tersebut mencakup kode QR, fast payment, data, RTGS, dan transaksi mata uang lokal.

Dalam Keketuaan Asean 2023, Perry mengklaim Indonesia kemudian berhasil mendorong lima anggota negara Asean lainnya untuk melakukan kerjasama melakukan transaksi meninggalkan dolar AS.

"Jadi konektivitas Asean bukan hanya lima, tapi akan diperluas menjadi 10 dan akan diperluas secara global dengan proyek berikutnya," jelas Perry.

Vietnam, kata Perry menjadi salah satu negara yang siap lebih dahulu dalam mengimplementasikan perjanjian pembayaran lintas batas negara ini, lewat skema LCT. Kemudian, tiga negara Asean lainnya, seperti Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam juga tertarik untuk bekerja sama.
Sementara itu, Indonesia juga dikabarkan sedang berupaya untuk bergabung dengan BRICS. Aliansi dagang ini sendiri notabenenya adalah saingan pakta G7 pimpinan AS.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar