Iven ini multiplayer efek kegiatan industry migas dalam kerangka ketahanan energi nasional

Di Hadapan Mahasiswa Riau, PHR Tegaskan Pentingnya Peran Digital untuk Ketahanan Energi Nasional

Di Baca : 672 Kali
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar diskusi membahas peran digitalisasi dalam menopang ketahanan energi nasional, Jumat (24/11/2023). Kegiatan ini digelar untuk berbagi informasi dan inovasi kepada mahasiswa bagaimana IT mendukung program digitalisasi pada proses bisnis perusahaan. (Dok. Humas PHR)
 

Di PHR sendiri, berbagai terapan digitalisasi sudah dilakukan dalam upaya menjaga ketahananan energi nasional, khususnya dari sisi industri hulu (upstream) minyak dan gas (migas). Di antaranya, melakukan Process Control Optimization (PCO) untuk Water Injection Pump di Stasiun Pengumpul, pemantauan keandalan aerator dan air limbah buangan dalam jaringan melalui implementasi teknologi 4G/LTE.

Selain itu, PHR WK Rokan juga melakukan optimisasi jaringan distribusi kelistrikan melalui implementasi teknologi SCADA 4G/LTE, pemantauan sumur produksi tinggi melalui implementasi teknologi SCADA 4G/LTE, optimasi idle time pada sumur produksi SP melalui Implementasi edge computing dan teknologi 4G LTE, pemantauan status on/off sumur melalui implementasi teknologi LORA WAN, integrasi SCADA Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) melalui implementasi teknologi 4G LTE, serta pemantauan aliran minyak pada jalur pemipaan.

Kegiatan Disrupsi Goes to Campus ini disambut baik oleh pihak PCR. Direktur Utama PCR Dadang Syarif Sihabudin Sahid mengapresiasi langkah PHR untuk datang dan berdiskusi dengan civitas akademika PCR, terlebih materi yang dibahas berkaitan dengan ketahanan energi nasional.

“Kami sangat terbuka dan siap untuk belajar, karena kami punya tanggung jawab moral untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dan ini sangat berkaitan dengan ketahanan energi. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak kita berbuat, melakukan pengembangan dan transformasi pasti ini akan mendukung ketahanan digital nasional yang mendukung ketahanan energi nasional, khususnya di bidang minyak dan gas,” kata Dadang. (*/rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar