Pagi tadi ada delapan kali letusan, 43 kali hembusan, Amplitudo paling besar capai 14,2 mm berdurasi

Letusan Gunung Marapi Sumbar, 11 Pendaki Tewas, 28 Selamat !

Di Baca : 2078 Kali
Senin pagi tadi 4 Desember 2023, ada delapan kali letusan Gunung Merapi Sumbar, 43 kali hembusan, amplitudo paling besar mencapai 14,2 mm berdurasi 56 detik. Letusan Gunung Marapi Sumbar, ini mengakibatkan 11 Pendaki tewas, 28 pendaki lainnya selamat. (tsi)
 

Tim BPBD Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam terus memonitor perkembangan erupsi Gunung Marapi di lokasi guna melakukan tindakan cepat dalam penanganan evakuasi warga apabila kembali terjadi aktivitas vulkanik yang lebih besar.

Pihak BPBD juga mengimbau kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak melakukan aktivitas di bawah radius 3 kilometer dari puncak atau kawah. Selain itu masyarakat agar memakai masker, topi, dan kaca mata ketika beraktivias di luar ruangan dan tidak menyebarkan informasi yang belum bisa diverifikasi kebenarannya.

Terkait dengan aktivitas vulkanik, PVMBG masih menetapkan Gunung Marapi pada status level II atau ‘Waspada’.

Awak media ini belum mendapat data, baik dari pendaki gunung Merapi, warga, ataupun BPBD setempat apakah sebelum erupsi atau letusan adakah dirasakan goncangan, tanah bergetar seperti gempa? Kemudian barulah meletus?

Erupsi Gunung Merapi Sumbar meletus lagi Senin pagi tadi (4/12/2023)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar