Bupati Siak Riau

Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April 2019

Di Baca : 1291 Kali
Video conference dipimpin Gubernur Riau Syamsuar, diikuti Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, termasuk Bupati Siak Alfedri, Rabu (10/4/2019).

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia--Jelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif 2019 pada 17 April 2019, Pemerintah Provinsi Riau mengadakan video conference bersama Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau.

Video conference dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, dan diikuti Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, termasuk Bupati Siak Alfedri.

Sebelum mendengarkan laporan persiapan pelaksanaan Pemilu dari masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, para Bupati/Walikota terlebih dahulu menyimak video conference koordinasi Gubri bersama Dirjen Kemendagri. 

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar menjelaskan bahwa tujuan dari video conference ini, untuk mendengarkan persiapan setiap daerah jelang pelaksanaan pemilu 2019.

Secara umum Gubri menyampaikan, bahwa Provinsi Riau sudah siap menggelar Pemilu 2019 nanti. Kemudian situasi kemananan juga tergolong kondusif. 

"Semua logistik sudah berada di seluruh Kabupaten/Kota, dan agar diperhitungkan pendistribusian ke desa/ kampung, mengingat ada beberapa desa atau kampung yang berada di daerah terpencil," harap Syamsuar. 

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri menyampaikan kepada Gubernur Riau, bahwa Pemerintah Kabupaten Siak telah siap untuk melaksanakan dan mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019. 

"Alhamdulillah seluruh persiapan jelang Pemilu 2019 di Kabupaten Siak sudah dipersiapkan sebaik mungkin, semoga sampai dengan hari H tidak ada kendala," kata Alfedri kepada Syamsuar melalui Video conference, di Ruang Bandar Siak, Kantor Bupati Siak, Rabu (10/4/2019). 

Persiapan Pemerintah Kabupaten Siak, untuk mensukseskan Pemilu 2019, sambung Alfedri, di antaranya telah melaksanakan pernyataan sikap dan deklarasi bersama pemilu damai antara Bupati Siak bersama unsur terkait.

Selanjutnya, penetapan jumlah pemilih di Kabupaten Siak sebanyak 273.135 pemilih, dengan TPS sebanyak 1.244 se-Kabupaten Siak.

"Untuk surat suara di Siak sudah dilakukan pelipatan, dan telah dimasukan ke kotak suara untuk selanjutnya akan segera didistribusikan ke 14 kecamatan di Kabupaten Siak melalui PPK masing-masing," kata Alfedri. 

Ditambahkannya, jadwal pendistribusian ke masing-masing PPK akan dilakukan tanggal 12 - 14 April 2019 ini. Kemudian tanggal 14 - 16 April diharapkan PPK sudah mulai melakukan pendistribusian ke KPPS masing-masing Kelurahan dan Kampung terutama diprioritaskan yang daerahnya jauh. 

Sementara untuk upaya pengamanan, sambungnya, Pemkab Siak telah melantik Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kabupaten Siak, dan akan dibantu oleh anggota Polri dan TNI guna menjaga keamanan pada saat pemilu nantinya. 

"Untuk meningkatkan Keamanan dan kelancaran pada saat pemilu, juga dilakukan berbagai simulasi di antaranya Siaga Linmas PAM TPS, sosialisasi tata cara pemilu kepada masyarakat dan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di KPU Siak," jelas Alfedri.(adifa)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar