bernilai ekonomis tinggi 

Panen Raya Ikan Lele Sistem Biofolk di Ponpes Manhajusalikin

Di Baca : 5269 Kali
Panen raya ikan lele dengan sistem bioflok di Pondok Pesantren (Ponpes) Manhajusalikin, Sungai Deras, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Senin (16/3/2020). (Nurul Arifin/Detak Indonesia.co.id)

"Budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok ini beda dengan budidaya ikan kolam biasa dari terpal dan kolam tanah, kalau Bioflok ini bisa menghemat biaya pakan 70 persen, satu bioflok itu ada 3 ribu ikan dengan jumlah 10 bioflok, jadi panen hari ini sebanyak 3 ton," kata Barikun.

Tambah Barikun, kelompok budidaya ikan lele yang dipusatkan di Ponpes Manhajusalikin ini merupakan kelompok budidaya yang profesional dan terampil dalam membudidaya ikan lele.

Diakui Barikun, budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini juga sudah diterapkan di desa-desa lain, seperti Desa Ngaso, Ujung Batu dan Tambusai Utara.

"Untuk mendapat bibit kita fasilitasi melalui Dinas DKPP Rohul dengan cara membuat proposal, sudah banyak yang kita realisasikan membudidaya ikan, banyak yang sudah direalisasikan di Tandun melalui anggaran ADD juga, bisa membuat bioflok seperti di Kecamatan Tambusai Utara dan pemudanya juga secara swadaya kita hanya membantu bibit dan pendampingan," tutup Barikun.(ary)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar