Sambut Hari Tani Nasional 24 September 2020

DPP APPI-BUMP Korwil Riau Hadir sebagai Solusi Menguatkan Kelembagaan Ekonomi Petani

Di Baca : 2853 Kali
Satria Utama Batubara (kiri), Alexander Pranoto (kanan). (ist)

“Hal inilah yang coba kami carikan solusinya melalui kelembagaan Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Seknas BUMP berupaya menguatkan kelembagaan perekonomian petani dengan membentuk Lembaga Ekonomi Petani yang lebih profesional, memiliki link yang baik dengan pasar, serta lebih mudah bekerjasama dengan pihak perbankan,” terang Alex.

Untuk Riau sendiri, Seknas BUMP Korwil Riau telah membantu memfasilitasi pendirian BUMP, yakni di Kabupaten Kuantan Singingi. 

“Ada dua BUMP yang sudah berdiri di Riau, yakni PT Apkarkusi Mutiara Nagori khusus bidang usaha karet dan PT Trans Agro Lestari bidang perkebunan kelapa sawit dan industri hilirnya (Pabrik Kelapa Sawit, Pabrik Minyak Goreng, dan produk turunannya) di Kabupaten Kuansing Riau. Di Indonesia telah berdiri BUMP di 16 provinsi dan 250 lebih di kabupaten di seluruh Indonesia. Dua korporasi di Riau itu yang sahamnya milik petani dan dikelola dengan prinsip korporasi profesional. Mudah-mudahan dengan semangat kemandirian dari para petani di daerah ini kita bisa melihat bagaimana kesejahteraan petani dapat ditingkatkan ke depannya,” harapnya. (*/di/azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar