Jika Sinergi Masyarakat dan Pemda

Gerunggang Bisa Jadi Tanaman Unggulan Lokal Riau

Di Baca : 4928 Kali
Pohon Gerunggang tumbuh subur di lahan gambut yang basah. Pohon ini bisa jadi tanaman unggul lokal Riau di lahan basah seperti di pesisir timur Riau yakni di Kabupaten Bengkalis. (ist)

 
Motivasi yang terus dihembuskan oleh Solihin dan kawan dari LSM IPMPL kepada masyarakat yang serius ingin membudidaya gerunggang, walau masyarakat belum mendapat apa-apa bantuan dari pemerintah  

"Kita terus berbuat dan bergerak tanpa henti bersama pohon Gerunggang, jangan tanya apa yang diberikan Negara kepada kita, tapi tanyakan apa yang kita sumbangkan untuk negara demi keberlangsungan anak cucu kita," katanya. 

"Hal yang perlu menjadi perhatian bersama, selain bernilai ekonomi sangat tinggi, menanam pohon Gerunggang berarti ikut serta memulihkan kembali lahan-lahan gambut yang telah rusak menjadi lestari kembali, sehingga akar dari kayu Gerunggang dapat mengikat air dalam jumlah besar, membuat lahan-lahan senantiasa dalam kondisi basah untuk sebagai perisai terjadinya Karhutla yang sebelumnya membuat anak-anak  saudara/i menderita karena bencana asap akibat karhutla," tutup Solihin.(*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar