Ibu ES harus dibela bersama-sama

LAM Riau Protes Penyidik Polda Riau Tersangkakan Pencipta Batik Motif Melayu Riau

Di Baca : 3365 Kali
Konferensi pers Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Riau, serta PWI Riau di Gedung LAM Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (23/3/2021). (tim)

Menyikapi persolaan tersebut LAM Riau bersama PWI Riau angkat bicara.Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Datuk H Al Azhar mengatakan kasus ini aneh kalau mengikut alur dan patut budaya Melayu. 

"Kita tidak mau hak komunal Melayu Riau dipatenkan milik pribadi," tegas Al Azhar. 

Ditambahkan Al Azhar, LAM Riau akan berkirim surat ke Kemenkumham untuk membatalkan HAKI yang diklaim oleh pengusaha garmen dari Bandung tersebut. 

Al Azhar menyebutkan apa yang dilaksanakan Dekrenasda Riau untuk mempatenkan motif batik Riau pada  2007 lalu sudah sangat tepat. Karena Dekrenasda Riau adalah representasi LAM Riau sebagai Lembaga Pemerintah Provinsi Riau. 

Motif batik-batik komunal budaya Melayu Riau ini juga telah dibukukan Pemerintah secara rapi dengan dua bentuk yaitu berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Buku-buku motif batik Melayu ini telah disebarluaskan ke seluruh provinsi di Indonesia sebagai bentuk promosi daerah Riau. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar