BANJIR DI JAWA TENGAH MULAI SURUT

Kepala BNPB Bantu Rp4,25 Miliar Penanganan Darurat Banjir Jawa Tengah

Di Baca : 737 Kali
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dengan total 4,25 miliar yang diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) untuk bantuan operasional penanganan darurat banjir, Senin

Sementara itu, terkait potensi hujan lebat, sejak Ahad (1/1/2023), BNPB bersama BMKG telah mengoperasikan 1 pesawat Casa TNI untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di wilayah Jawa Tengah. Dengan dilakukannya TMC, upaya ini diharapkan dapat mengurangi intensitas hujan yang turun. 

"Garam akan ditabur di atas Laut Jawa sehingga awan-awan dipaksa "menurunkan" hujannya sebelum memasuki wilayah Jawa Tengah. Kita memang tidak bisa mencegah, namun harapannya dapat mengurangi intensitas hujan yang tadinya lebat menjadi sedang, dan sedang menjadi ringan," jelas Dwikorita. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan BNPB, khususnya bantuan TMC.

"Dua hari ini hujannya berhenti berkat TMC yang dilakukan oleh BNPB dan BMKG berhasil sehingga banjir bisa surut," kata Ganjar. 

Kepala BNPB bersama Gubernur Jawa Tengah dan Kepala BMKG juga berkesempatan untuk meninjau langsung dapur umum di Taman Brotojoyo, Desa Sentoso, Kecamatan Semarang Utara. Dalam satu hari dapur umum dapat membuat 1.500 nasi bungkus yang akan dibagikan kepada warga terdampak banjir di Kota Semarang. 

Tinjauan selanjutnya dilakukan di Stasiun Tawang, di mana stasiun tersebut sempat terendam saat banjir melanda Kota Semarang pada Sabtu (31/12/2022) lalu. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar