DI ATAS RATA-RATA NASIONAL

Produktivitas Petani Mitra PSR PTPN V Capai 29,23 Ton/Ha

Di Baca : 951 Kali
Gubernur Riau, Syamsuar saat melaksanakan panen perdana buah sawit milik petani di salah satu KUD beberapa waktu lalu. Syamsuar memuji program PSR PTPN V yang berhasil mendongkrak produktivitas sawit petani. (tim)
 

Selain KUD Karya Dharma III, terdapat empat KUD lainnya yang telah merasakan manisnya bermitra dengan PTPN V. Di antaranya adalah KUD Karya Mukti, Dayo Mukti, Tani Sejahtera dan Tunas Karya.

"Seluruh KUD yang bermitra dengan PTPN V melalui pola single management tersebut berhasil memproduksi 96.420 ton sawit sepanjang 2022 lalu dengan produktivitas rata-rata mencapai 27,71 ton atau lebih tinggi dari standar nasional 26 ton," paparnya.

Selain itu, Jatmiko turut menjelaskan saat ini terdapat perkebunan sawit muda yang mulai belajar panen, yakni KUD Makarti Jaya. KUD yang melaksanakan program PSR pada 2019 lalu itu turut merasakan masifnya panen perkebunan sawit yang membentang di lahan seluas 697 hektare.

Ia mengatakan produktivitas KUD Makarti Jaya mencapai 9,35 ton per hektare per tahun. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan standar nasional PPKS yang hanya sebesar 4 ton per hektare per tahun.

Bahkan, Gubernur Riau, Drs Syamsuar yang menyempatkan diri untuk melaksanakan panen perdana di Makarti Jaya kala itu kagum akan penanaman sawit petani yang dilaksanakan secara profesional selayaknya kebun inti PTPN V.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar