PT PHR komitmen mendukung terciptanya kondisi bumi yang lebih baik

Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

Di Baca : 933 Kali
PT PHR, bersama mitra LPPM Unilak telah kembangkan 100 kelompok Bank Sampah baik inti maupun unit termasuk sekolah Adiwiyata. Tak hanya mampu selamatkan lingkungan, program itu mendorong ekonomi warga atas daur ulang sampah jadi produk bernilai tinggi.
 

Selain itu, lanjut Rudi, PHR juga melakukan penjagaan kawasan hutan asli yang ada di area operasi PHR dan kompleks perumahan PHR di kawasan Rumbai, Duri dan Dumai dengan luas 200 hektare dalam mendukung penyerapan karbon.

“Jadi, di Riau ini secara umum suhunya panas, namun jika ada kesempatan berkunjungan ke kamp PHR di Rumbai, Duri dan Dumai akan bisa merasakan suasana yang berbeda. Karena kami menjaga hutan asli di sini, bahkan sehari-hari masih bisa berjumpa dengan hewan liar seperti kera, babi hutan dan lain-lain. Ini upaya kami dalam menjaga kelestarian hutan yang luasnya ratusan hektare dan menjadi kontribusi untuk memotong CO2,” jelas Rudi.

PHR juga berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau melakukan program konservasi hutan mangrove dan memanfaatkannya sebagai Kawasan Ecoeduwisata Bandar Bakau di Dumai. Langkah nyata lainnya yakni, PHR melakukan pembangunan pengolahan air terproduksi berbasis Natural Based Solution (NBS) berupa constructed wetland atau lahan basah buatan untuk pengolahan air limbah.

“Wetland dengan operasi 4 unit yang bisa menghemat energi hingga 1,6 juta KWH per bulan. Ke depan, dengan pembangunan wetland di 15 stasiun pengumpul yang bisa menghemat energi hingga 6,3 juta KWH per bulan,” kata Rudi.

PHR juga melakukan restorasi Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) dan ecoriparian di Universitas Lancang Kuning serta pendaftaran aksi mitigasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan penyusunan Panduan Pengembangan Dokumen dan Rancangan Aksi (Pedoman DRAM) sebagai bagian dari perhitungan carbon credit PHR.

Lewat Program Rumah Inovatif, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkolaborasi dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) serta mitra pelaksana Cakra Consulting mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. Salah satunya demplot Pertanian Lahan tanpa Bakar (PLTB) sebagai upaya melindungi ekosistem gambut.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar