Anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero)

PTPN V Dorong 2.436 Hektare Sawit Petani Mitra Binaan Sertifikasi RSPO

Di Baca : 1358 Kali
Para petani plasma binaan PTPN V mengikuti sosialisasi dan pelatihan penerapan perkebunan berkelanjutan sebagai bagian memperoleh sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Perusahaan plat merah tersebut mendorong petani plasma untuk memperole

"Total luas lahan petani mitra yang menjalani sertifikasi RSPO dan ISPO perdana tahun ini mencapai 2.436 hektare," ujarnya. 

Jatmiko bersyukur program RSPO dan ISPO yang diusung oleh perusahaan perkebunan milik negara tersebut mendapat respon positif dari para petani mitra. Dia berharap program serupa dapat kembali dilakukan di seluruh lahan perkebunan sawit petani mitra yang luasannya mencapai 56,6 ribu hektare. 

"Tahun ini kita awali di Kabupaten Rokan Hulu. Tahun depan insyaa Allah kita lanjutkan di Kabupaten Siak, dan mudah-mudahan dengan sinergitas kita semua seluruh petani mitra yang mencapai 70 KUD bisa seluruhnya tersertifikasi," paparnya. 

Herman, salah seorang petani KUD Dayo Mukti mengaku begitu antusias melaksanakan program sertifikasi RSPO dan ISPO karena mendapatkan cukup banyak ilmu pengetahuan baru tentang praktik budidaya perkebunan sawit yang berkelanjutan. 

"Dengan adanya penerapan RSPO dan ISPO, kami para petani mendapat banyak pengetahuan baru tentang praktik budidaya sawit yang tepat dan berkelanjutan sehingga produktivitas KUD pun meningkat," ujar pria paruh baya tersebut. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar