Anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero)

PTPN V Dorong 2.436 Hektare Sawit Petani Mitra Binaan Sertifikasi RSPO

Di Baca : 592 Kali
Para petani plasma binaan PTPN V mengikuti sosialisasi dan pelatihan penerapan perkebunan berkelanjutan sebagai bagian memperoleh sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Perusahaan plat merah tersebut mendorong petani plasma untuk memperoleh sertifikasi RSPO dan ISPO sehingga para petani memperoleh manfaat harga komoditas premium. (ist) 

Senada dengan Herman, seorang petani lainnya dari KUD Karya Mukti, Rohim, berharap melalui program sertifikasi tersebut, maka produk atas sawit yang dihasilkan para petani turut mendapatkan harga premium. 

"Mudah-mudahan dengan ini tingkat ekonomi kami juga terus meningkat," paparnya. 

Bapak tiga anak itu mengatakan sejak menjadi bagian dari mitra PTPN V di awal 1980-an silam, para petani mendapatkan beragam manfaat besar dari perusahaan plat merah itu. Selain dari sisi ekonomi, para petani juga memperoleh keterbukaan informasi akan harga tandan buah segar sawit yang bergerak fluktuatif setiap harinya. 

"Kemudian, perusahaan juga memberikan jaminan produksi bagi para petani di atas standar nasional. Ini sangat menentramkan bagi kami," terangnya semringah. 

PTPN V sendiri telah menerapkan RSPO dan sertifikasi standar karbon internasional atau International Sustainability & Carbon Certification (ISCC).



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar