usia panen sawit tergolong sangat cepat yakni 28 bulan

Bahagia Ratusan Petani Mitra PTPN V Pasca Panen Perdana Program PSR

Di Baca : 923 Kali
Para petani sawit mitra PTPN V, KUD Makarti Jaya yang tersenyum bahagia melihat tumpukan TBS dari tanaman muda hasil program peremajaan sawit rakyat PTPN.

"Dulunya kebun kami merupakan kebun yang dibangun oleh pemerintah dengan pola PIR dengan Bapak Angkat PTPN V. Tak dapat dipungkiri, dalam mengelola kebun kami, PTPN V sangat berpengalaman dan hal ini lah yang membuat kami percaya untuk kembali kepada PTPN V untuk mengikuti program PSR," tuturnya. 

Dalam pelaksanaan program peremajaan itu, Pak De menjelaskan bahwa PTPN V menyodorkan beragam program ekstensi yang lebih baik. Di antaranya adalah penerapan single management, program padat karya atau cash for works, hingga yang paling utama adalah jaminan produktivitas di atas rerata nasional. 

Dia bersyukur, program-program yang dicetuskan CEO PTPN V, Jatmiko Santosa tersebut berjalan dengan sangat baik dan hasilnya berupa panen di usia belia yakni 28 bulan dibandingkan dengan usia normal 36 bulan atau tiga tahun. Selain itu, dari sisi produktivitas, TBS yang dihasilkan petani juga 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional untuk tanaman usia muda. 

"Terima kasih kami sampaikan kepada Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara yang telah memberikan kepercayaan kepada PTPN V untuk melaksanakan program PSR yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional. Inilah bukti nyata pembinaan berkelanjutan dan bimbingan yang dilakukan PTPN V kepada kami sehingga kebun kami yang telah diremajakan dapat dipanen tepat waktu bahkan lebih awal," paparnya. 

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Direktur PTPN V, Pak Jatmiko Santosa yang telah menjadi mitra bagi KUD Makarti Jaya dalam melaksanakan replanting program sawit rakyat dengan menggunakan dana BPDPKS. Banyak sekali dukungan yang diberikan bahkan pengetahuan dan transfer ilmu yang diberikan oleh Manajemen PTPN V kepada kami sehingga sampai dengan saat ini tanaman kami dapat tumbuh subur seperti yang dapat Bapak lihat di seputaran kita ini," lanjutnya. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar