ada banyak kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dilaksanakan di rumah inovatif

Melihat Manfaat Rumah Belajar Inovatif PHR bagi Masyarakat Sintong Rokan Hilir

Di Baca : 1380 Kali
Masyarakat Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir Riau, merasakan banyak manfaat dengan hadirnya Rumah Belajar Inovatif PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). (Foto Humas PHR)
 

Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan serat nanas untuk bahan tenun terus dikembangkan. Masyarakat memanfaatkan limbah daun nanas di kawasan perkebunan nanas Rantau Bais menjadi produk bernilai tinggi.

Melalui rumah belajar inovatif ini, kelompok masyarakat telah menghasilkan produk dari serat nanas berupa tanjak, kain sarung, selendang dan bahan kain.

“Saat ini kami tengah menyiapkan produk unggulan dari limbah nanas untuk ikut pameran, serta menyiapkan untuk pemasarannya,” ujarnya.    

Ada pula peternakan kolam ikan lele sebagai edukasi ketahanan pangan. Peternakan lele dikombinasikan dengan tanaman hydrophonic serta demplot Pertanian Lahan Tanpa Bakar (PLTB) sebagai sarana edukasi warga desa yang ingin mengembangkan usaha pertanian tanpa bakar dengan memanfaatkan pupuk organik.

“Hasil panen cabai dan mentimum dapat kami gunakan untuk konsumsi masyarakat dan sisanya bisa dijual ke pasar,” katanya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar