edukasi pengelolaan minyak jelantah turut menyasar murid sekolah dasar

Bank Jatah PHR Ajak Siswa SD Nabung Minyak Jelantah, Bisa Capai Rp1 Juta per Bulan

Di Baca : 991 Kali
Tiga murid sekolah dasar memperlihatkan uang dan buku tabungan hasil dari pengumpulan minyak jelantah, di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru. (ist)
 

Sejak dua tahun berjalan, program Bank Jatah telah memiliki kurang lebih 500 orang nasabah, baik dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dalam sebulan, Bank jatah mampu menampung 3 hingga 5 ton minyak jelantah. Dalam sebulan, nasabah dapat mencairkan uang dari tabungan minyak jelantah mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta tergantung jumlah minyak jelantah yang disetorkan atau ditabung.  

Untuk sementara, minyak jelantah yang sudah terkumpul disalurkan kepada distributor untuk dijadikan produk turunan. Minyak goreng bekas ini nantinya dapat diolah menjadi produk bernilai seperti lilin, sabun hingga bahan baku energi alternatif biodiesel.

“Untuk sementara kami belum memiliki produk turunan sendiri karena untuk pembuatan biodiesel tentunya membutuhkan jumlah yang lebih banyak. Namun kami berencana untuk membuat produk turunan lilin aroma terapi. Saat ini masih dalam survei baik dari sisi biaya operasional maupun nilai ekonomisnya,” tuturnya.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, komitmen melestarikan lingkungan dan menjaga keanekaragaman hayati merupakan salah satu fokus utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR.

“Melalui program ini diharapkan dapat mendorong kesadaran bersama dalam menjaga lingkungan sekitar," katanya. (di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar