Erupsi dan Banjir Lahar Dingin Gunungapi Marapi Sumbar Masih Berpotensi Terjadi

Batu Bronjong Dekat Kelok Sembilan Miring Nyaris Tumbang, Jalur Riau-Sumbar Banyak Longsor

Di Baca : 3309 Kali
Batu bronjong yang dipasangi kawat yang belum 100 persen selesai dikerjakan dekat flyover Kelok Sembilan Kabupaten Limapuluh Kota Sumbar nyaris tumbang ke jalan, jika tumbang akan menutup jalan dan memutus lalu lintas kendaraan Riau-Sumbar dan sebaliknya. Sementara di kawasan Tanjungbalit-Rimbo Datar Sumbar macet panjang karena ada proyek rigid pembetonan jalan. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)
 

Waspada Bencana Susulan

PVMBG sampai hari ini masih menetapkan status Gunungapi Marapi pada level III atau ‘Siaga’. Seluruh gejala vulkanologi dari gunungapi berketinggian 2.891 mdpl ini masih sangat berpotensi terjadi.

Beberapa jenis bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca dan dampak dari aktivitas vulkanologi Gunungapi Marapi masih sangat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pariaman, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Solok, Solok Selatan, Limapuluh Kota, Kota Padang, Kota Bukittinggi dan Kota Solok.

Peringatan Dini Cuaca Riau Jumat 12 April 2024 dari Prakirawan BMKG Riau

Update peringatan dini cuaca Riau Jumat 12 April 2024 pukul 13:25 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 13:30 WIB di Kabupaten Kampar: XIII Koto Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu: Batang Gangsal, Kabupaten Bengkalis: Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Kabupaten Indragiri Hilir: Kateman, Kemuning, Teluk Belengkong, Pulau Burung, Kabupaten Siak: Sungai Apit, Dayun, Sabak Auh, Mempura, Pusako, Kabupaten Kepulauan Meranti: Tebing Tinggi, Rangsang Barat, Rangsang, Tebing Tinggi Barat, Merbau, Pulaumerbau, Tebing Tinggi Timur, Tasik Putri Puyu, Rangsang Pesisir,  dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah 
Kabupaten Bengkalis: Bukit Batu, Kabupaten Pelalawan: Kuala Kampar,  dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16:30 WIB. (tim)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar