Semoga nanti, dengan kolintang, akan ada rasa Sulut banget

Antusias!!! Semangat Membawa Kolintang Goes to Unesco Tetap Membara

Di Baca : 3209 Kali
Musik Kolintang dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Antusias!!!

Melalui pemberitaan-pemberitaan di berbagai media sebelumnya, Pinkan Indonesia merupakan organisasi komunitas pencinta kolintang yang menginisiasi pengusulan alat musik kolintang menjadi warisan budaya dunia asal Indonesia ke Unesco. Upaya tersebut dimulai dengan menjalin kerjasama  bersama pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kenapa Sulut, karena kolintang ditengarai berasal dari salah satu wilayah di daerah ini yaitu Minahasa. 

Pemprov Sulut sendiri sangat antusias mendukung upaya tersebut. Tanggal 21 April 2019, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, telah mengeluarkan surat keputusan Penetapan Tim Pendukung dan Komunitas Pendukung Pengusulan Ansambel Musik Kolintang ke Unesco. Tim beranggotakan 18 orang berasal dari pejabat struktural Pemprov Sulut, Dewan Kesenian Daerah, Praktisi, Akademisi dan Komunitas Kolintang. Beberapa nama dalam tim tersebut berasal dari Pinkan Indonesia.

Tim ini terus bekerja, termasuk ketika memasuki masa pendemi Covid-19. Sosialisasi juga terus dilakukan, baik oleh pemda maupun komunitas kolintang. Pekan lalu, Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Patricia Mawitjere SS MAP, yang berstatus Pelaksana Tugas (Plt), datang ke Jakarta menemui insan kolintang di sini, termasuk Pinkan Indonesia. Pertemuan dengan Pinkan  dihadiri pengurus inti Ketum, Penny Iriana Marsetio, Ketua Harian Jopie JA Rory,  Ketua Dewan Pembina, Laks. TNI (Purn) Marsetio, dan  Ketua Bidang Organisasi, Lisye Sumakud Sinulingga.

“Kita tidak boleh lengah. Jangan sampai direbut negara lain, dalam hal ini Malaysia dan Filipina yang mengklaim bahwa kolintang milik mereka. Padahal dalam penelusuran secara historis, kolintang adalah milik Indonesia, berasal dari Sulawesi Utara,” kata Ketum, Penny Iriana Marsetio, kepada wartawan seusai pertemuan.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar