PERINGATAN HARI ANAK SEDUNIA

Inilah Anak Jenius Anugrah Tuhan yang Tak Ternilai

Di Baca : 7066 Kali
Dua anak gifted atau cerdas, atau jenius dengan IQ 140 Niko (atas) dan Joel (foto bawah) sedang menunjukkan kreativitasnya di Noble Academy Jakarta, Jumat (20/11/2020). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Menanggapi anak-anak cerdas yang berbeda dengan anak-anak di sekolah biasa ini, seorang Psikolog dari Universitas Surabaya (Ubaya) Dr Evy Tjahjono SPSi MGE mengatakan bahwa anak gifted secara intelektual mereka mau ikut teman-temannya tapi ternyata tak nyambung tak cocok, tapi secara sosial dia berada di kelompok itu. 

Menurut Dr Evy anak-anak jenius ini punya ketidaksejajaran antara kemampuan mental mereka dengan emosiaonal. Inilah yang membuat anak-anak gifted itu seringkali frustasi dengan kehidupan. Mereka sudah bisa memikirkan jauh ke depan sementara orang lain belum memikirkannya. Tapi banyak yang tak memahami dirinya. Sungguh ini suatu kelebihan bukan kekurangan. Anak-anak ini sebuah anugerah (gifted) karena ia punya potensi lebih yang diberikan Tuhan. 

"Saya yakin dengan kelebihan yang mereka miliki, mereka dapat mengubah dunia. Apakah nanti mereka jadi ahli matematika, kimia, fisika, rancang bangun dan lain-lain mereka adalah anak-anak luar biasa di masa datang," kata psikolog Dr Evy.

Psikolog Universitas Surabaya (Ubaya) Dr Evy Tjahjono SPSi MGE






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar