PARIWISATA RIAU BELUM DIGARAP SERIUS

TOL Pekanbaru-Bangkinang Semakin Mendekatkan Wisatawan ke Destinasi Wisata Sumbar-Sumut

Di Baca : 1657 Kali
Hutan lindung 'Rimbo Panti' di Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman Sumbar di jalan lintas barat Sumatera menuju Provinsi Sumatera Utara menjadi objek kunjungan yang ramai saat Idul Fitri 1443 H. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Kerusakan jalan di Sumut ini mulai dari Muarasipongi sampai ke Padang Sidempuan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Kalau berkunjung ke objek wisata Air Terjun Aek Sijornih di Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapsel di jalan lintas barat ini, wisatawan cukup tersiksa di dalam kendaraan karena mobil yang ditumpangi diguncang-guncang akibat jalan banyak berlubang. Ini akibat kurang mendapat perhatian Pemerintah Sumut. Sudah bertahun-tahun jalan rusak ini tak diperbaiki. Menyedihkan sekali.

Sementara objek wisata air terjun Aek Sijornih pada 2017 masih terjaga jernih airnya di hilir, tapi saat Idul Fitri 1443 H mulai keruh di hilirnya. Cuma di bagian hulu saja jernih airnya. Keruhnya air Aek Sijornih di hilirnya akibat banyaknya warga tempatan membuat kolam ikan yang dibangun pondok di atasnya. Lalu air kolam yang sudah terkontaminasi limbah dialirkan ke saluran anak sungai Aek Sijornih yang tadinya jernih menjadi keruh di hilirnya. Inipun kurang mendapat perhatian Pemerinrah Sumut.

Jika Sadar Wisata dan Sapta Pesona  tak mendapat perhatian oleh warga tempatan dan Pemerintah Sumut, maka ke depannya nasib objek wisata Aek Sijornih ini tidak lagi menarik dikunjungi wisatawan. Tak lagi menjadi primadona. Oleh sebab itu disarankan agar warga tempatan tidak membuang limbah ke aliran sungai kecil Aek Sijornih mulai dari hulu hingga hilir. Saluran limbah sebaiknya dibuat tersendiri dibuang dialirkan ke saluran khusus. Jangan dialirkan ke aliran lokasi wisata air tersebut.

Objek wisata Aek Sijornih di Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, 62 km dari Padang Sidempuan dan dekat pula dari Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar